Feminisme Dalam Web Series “Sore-Istri Dari Masa Depan” (Analisis Wacana Sara Mills)

Finy Fitrya Basarah

Abstract


Abstrak : Web series adalah salah satu alternatif hiburan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu judulnya, SORE-Istri dari Masa Depan, bercerita tentang Sore, seorang time traveller, yang datang ke masa lalu untuk menemui Jo, laki-laki yang bakal menjadi suaminya kelak. SORE-Istri dari Masa Depan ini juga menjadi salah satu web series Indonesia yang ditonton oleh lebih dari 2 juta viewers sejak episode pertama. Penelitian ini mempergunakan teori feminisme untuk melihat bagaimana feminis yang muncul dan tergambarkan dalam web series ini. Sedangkan metode yang dipergunakan adalah analisis wacana dari Sara Mills, yang melihat bagaimana posisi subjek-objek dan penulis-pembaca digambarkan melalui web series ini. Adapun hasil dari penelitian ini adalah menjadi seorang perempuan berarti lebih sadar akan hidup sehat dibandingkan dengan laki-laki; memiliki kuasa untuk mengatur hidup laki-laki, merubahnya menjadi lebih baik, lebih sehat; dan lebih bisa mengkampanyekan “Hidup Sehat” dibandingkan laki-laki.


Keywords


Web series, Feminisme, Analisis Wacana Sara Mills

Full Text:

PDF

References


Badara, A. (2014). Analisis Wacana. Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Haryatmoko (2017). Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis). Landasan Teori, Metodologi, dan Penerapan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ida, R. (2014). Metode Penelitian, Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Prenada Media Group.

Lubis, A. Y. (2016). Pemikiran Kritis Kontemporer. Dari Teori Kritis, Cultural Studies, Feminisme, Postkolonial Hingga Multikulturalisme. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial, Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 WIDYAKALA JOURNAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru,
Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 
Hotline: (021) 7455555 ext 454, Fax: (021) 29861525,
Email: widyakala.journal@upj.ac.id 
Website: http://p2m.upj.ac.id