Studi Pendahuluan Untuk Meningkatkan Kemampuan Prososial Melalui Kemampuan Sosiokognitif Anak Usia 6 Tahun

Allessandra Theresia

Abstract


Penelitian ini bertujuan melakukan studi pendahuluan sebagai dasar intervensi meningkatkan kemampuan prososial anak melalui kemampuan sosiokognitif yang dimiliki anak usia 6 tahun. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan kebutuhan belajar untuk meningkatkan kemampuan sosiokognitif sehingga dapat menyusun program intervensi yang sesuai. Pemeriksaan dilakukan melalui pengukuran dimensi general intelligence, perception of others, role taking, attribution of others, dan kemampuan moral reasoning dalam bentuk cerita bergambar dan angket yang diberikan kepada guru sebagai agen sosialisasi bagi anak usia 6 tahun. Kemudian masing-masing anak yang telah dikelompokkan melakukan perilaku prososial dan tidak melakukan perilaku prorosial akan diberikan kartu bergambar mengenai situasi-situasi prososial. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kebutuhan belajar dari kemampuan sosiokognitif anak usia 6 tahun. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tidak ditemukan permasalahan dalam kemampuan sosiokognitif anak usia 6 tahun yang menunjukkan perilaku prososial. Permsaalahan dalam kemampuan sosiokognitif ditemukan pada anak yang tidak menunjukkan perilaku prososial. Berdasarkan kebutuhan belajar yang diperoleh, peneliti menyusun program rancangan berupa kegiatan role play dan diskusi mengenai situasi-situasi prososial.


Keywords


Kemampuan Sosiokognitif, Perilaku prososial, Intervens

Full Text:

PDF

References


Bar-tal, D. (1976), Prosocial behavior: theory and research. Washington: Hemisphere Publishing Corporation.

Berk, L. E. (2008), Infants and children prenatal through middle childhood (6th ed.). Boston: Allyn and Bacon

Bierhoff, H. W. (2002). Prosocial behavior. New York: Psychology Press.

Boyd, D. & Helen, B. (2010), The growing child. Boston: Pearson International Edition.

Byron, T. (2009). Ensiklopedia perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Eisenberg, N., (1983), The development of prosocial behavior. New York: Academic Press.

Eisenberg, N., (1983), The socialization and development of empathy and prosocial behavior. USA: Arizona State University.

Eisenberg, N. & Paul, H. M. (1989). The roots of prosocial behavior in children. Cambridge: Cambridge University Press.

Eisenberg, N., Richard, A. F. & Tracy, L. S. (2004), Prosocial development. USA: Youth Education Division of the Human Society.

Feldman, R. S. (1985), Social psychology theories research and application. New York: McGraw-Hill.

Hala, S. (1997), The development of social cognition. UK: Psychology Press Ltd.

Johnson, J. E., James, F. C. & Thomas, D. Y. (1999). Play and early childhood development. USA: Addison Wesley Longman, Inc.

Joyce, B., Marsha, W. & Emily, C. (2009), Models of teaching (Ed. 8). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

McDevitt, Teresa, M. & Omrod, Jeanne, E. (2002), Child development and education. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Moeslichatoen, (2004), Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta

Mutiah, D. (2010), Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Papalia, D. E., Sally, W. O. & Ruth, D. F. (2009), Human development (10th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Preusse, K. Tanpa Tahun. Fostering prosocial behavior in young children. Melalui www.earlychildhood.com

Santrock, J. W. (2003). Psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Santrock, J. W. (2007). Child development. New York: Mcgraw-Hill.

Sears, D. O., Jonathan, L. F., Anne, P. (1985). Psikologi sosial (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.

Staub, E. (1978). Positive social behavior and morality. New York: Academic Press.

Suminar, D. R. (2009), Membangun karakter anak melalui pretend play. Jurnal Psikologi Indonesia, VI (1), 1-11.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id