Pengembangan Sistem Web Sebagai Diagnosa Dini Penyakit Alergi Kulit Dermatitis Atopik Dengan Metode Forward Chaining

Heny Ispur Pratiwi, Richard Kamardi

Abstract


Dermatitis atopik (DA) merupakan penyakit peradangan kulit kronik yang disertai rasa gatal pada kulit. Peradangan ini sering terjadi pada anak-anak usia bawah lima tahun, dan mulai membaik saat  remaja, tetapi beberapa kasus penyakit tersebut bisa bertahan lama atau bahkan baru mulai terkena penyakit saat dewasa. Hasil penelitian ini merupakan pengembangan suatu aplikasi sistem pakar berbasis web guna memberi panduan atau semacam konsultasi mandiri bagi individu yang mengalami tanda dan gejala yang sama seperti panduan yang di tampilkan pada web tersebut. Metode Forward Chaining dengan pengembangan pola algoritma dipilih dengan alasan ketepatan terapan sistem yang mencakup lebih banyak luaran hipotesa dan data untuk satu kesimpulan hasil diagnosa. Aplikasi Web ini sudah bisa digunakan untuk mendiagnosa penyakit  Dermatitis atopik melalui perangkat komputer yang terhubung internet tersedia di ruang tunggu klinik kesehatan atau rumah sakit. Pengguna akan dipandu oleh sistem untuk memperhatikan gambar dan menjawab pertanyaan terntang tanda dan gejala-gejala yang mungkin sedang atau pernah dialami oleh pengguna. Hasil jawaban dipakai sebagai basis sebuah diagnosa pada jenis Dermatitis Atopik yang diderita oleh pengguna dan bisa memberi rujukan untuk menemui seorang dokter ahli atau pakar tentang penyakit tersebut, sehingga tindakan pencegahan atau pengobatan secara dini bisa segera dilakukan.


Keywords


Aplikasi Sistem Web, Dermatitis Atopik, Forward Chaining,

Full Text:

PDF

References


Adams, M. J. (2018). Expert system in Encyclopedia of analytical science. Second Edition. Melbourne, Australia.

Ajlan, A. (2015). The comparison between forward and backward chaining. International Journal of Machine Learning and Computing, 106-113.

Akil, I. (2017). Analisa efektifitas metode forward chaining dan backward chaining pada sistem pakar. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 35-42.

Alodokter (2018). Mengetahui penyebab dan cara menangani alergi kulit. https://www.alodokter.com/Mengetahui-Penyebab-dan-Cara-Menangani-Alergi-Kulit [19 Oktober 2018].

Chakraborty, R. C. (2015). Knowledge Representation: AI Course Lecture.

Falatehan, A. I., Hidayat, N. & Brata, K. C. (2018). Sistem pakar diagnosis penyakit hati menggunakan metode fuzzy tsukamoto berbasis android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(8), 2372-2381.

Pressman, S. R. (2010). Software engineering: a practitioners approach. Seventh Edition, The McGraw Hill Companies.

Russel, S. & Norvig, P. (2010). Artificial intelligent a modern approach. Third Edition. New Jersey: Pearson Education.

Mohammad, S. N. & Bani, A. Y. H. (2015). Forward-chaining approach to expert system for machine maintenance. Proceedings of Mechanical Engineering Day.

Supartini, W. & Hindarto, H. (2016). Sistem pakar berbasis web dengan metode forward chaining dalam mendiagnosa dini penyakit tuberkulosis Di Jawa Timur. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer

Sutojo, Mulyanto, Suhartono, (2011). Kecerdasan buatan, Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id