Perancangan Pedoman Sistem Identitas Visual untuk Unit Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKAL), Universitas Pembangunan Jaya

Bibit Prasetiyo, Tommi Tommi, Novalia Rachmah

Abstract


Akreditasi memiliki peran krusial bagi perguruan tinggi dan program studi, mencakup proses standar pendidikan dan jaminan kualitas yang dapat dipercaya oleh semua pemangku kepentingan. Kontribusi mahasiswa dalam mendukung akreditasi program studi meliputi peningkatan prestasi akademik, pemahaman terhadap visi dan misi, pencapaian hasil pembelajaran, kualitas lulusan, minat terhadap program studi, serta memperkuat hubungan dengan alumni. Universitas Pembangunan Jaya, memiliki Unit Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKAL), berfungsi untuk mengembangkan soft skills mahasiswa melalui berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan dan pembinaan minat serta bakat. BKAL membutuhkan pedoman sistem identitas visual yang kuat dan konsisten untuk memperkuat citra dan standarisasi BKAL. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif, meliputi wawancara dengan narasumber terkait, dan observasi media informasi BKAL. Metode lain yang digunakan merupakan metode desain melalui pendekatan design thinking. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk merancang pedoman sistem identitas visual yang konsisten dan efektif untuk BKAL. Pedoman sistem identitas visual yang mencakup logo, warna, tipografi, dan elemen visual lainnya yang dapat digunakan secara konsisten dalam berbagai media komunikasi BKAL. Diharapkan akan berkontribusi pada meningkatnya akreditasi Universitas Pembangunan jaya dan membantu agar BKAL memperkuat hubungan antara mahasiswa dan alumni yang nantinya mampu mencapai visi dan misi yang diharapkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.