Perancangan Interior Kafe Patdua Surabaya: Integrasi Identitas Merek Bergaya Futuristik pada Elemen Desain

Eugenia Audrey, Jason Marcellinus Wijaya

Abstract


Kafe Patdua yang terletak di Surabaya memiliki permasalahan utama yaitu kurangnya minat dan loyalitas pengunjung akibat faktor estetika, kenyamanan, penataan layout dan pengolahan elemen interior yang kurang maksimal dan kurang sesuai dengan branding kafe. Oleh karena itu, dilakukan re-desain interior kafe Patdua yang mengintegrasikan identitas merek bergaya futuristik. Perancangan ulang bertujuan untuk menciptakan desain interior kafe berbasis manusia dan aktivitasnya yang modern dan inovatif sesuai dengan tema futuristik serta identitas merek. Metode perancangan yang digunakan berupa design thinking yang terdiri dari Emphatize (studi literatur dan observasi lapangan), Define (berupa analisis kebutuhan, masalah, dan solusi), Ideate (brainstorming ide), Prototype (membuat keputusan dan kelengkapan desain), serta Test (review dan realisasi desain). Dalam pembahasan dan analisis data, dilakukan penyesuaian elemen desain untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan memperkuat identitas merek. Kesimpulannya, perancangan kafe berhasil mengintegrasikan identitas merek bergaya futuristik pada estetika dan fungsionalitas yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik serta loyalitas pelanggan.


Keywords


Re-desain interior; identitas merek; futuristik; design thinking

Full Text:

PDF

References


Agustiawan, T., Rahmat, M. (2021). Pengaruh desain cafe untuk menarik para pengunjung terhadap peningkatan pengunjung study kasus pada cafe Rahayu & resto di Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik. 3(1), 38-43. Retrieved from: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JEKKP/article/view/4074/2937

Aryani, D. I. (2019). Tinjauan sensory branding dan psikologi desain kedai kopi kekinian terhadap perilaku konsumen. Waca Cipta Ruang, 5(1), 330–336. doi: 10.34010/WCR.V5I1.1436

Azmi, F., 2020. Pengaruh desain interior, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Mitsubishi Pajero Sport di Kota Pekanbaru (studi kasus pada Community Pajero Sport Family Chapter Riau). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Cherry. (2023). Implementasi identitas branding pada interior kantor Universitas Kristen Petra bidang FHIK. Jurnal Nawala Visual, 5(2), 123-129. Retrieved from: https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual

Ford, C. (2010). An introduction to design thinking - process guide. California: Institute of Design at Stanford.

Manikam, R. D., Noorwatha, I. K. D. (2021). Tinjauan psikologi desain interior retail. Jurnal Vastukara, 1(1), 49-55. Retrieved from: https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/vastukara/article/view/161.

Raja, T.M. (2020). Kajian aplikasi brand identity pada elemen desain interior Gourmet cafe Petitenget. Jurnal Arsitektur Arcade, 4(20), 186 -192. doi: https://doi.org/10.31848/arcade.v4i2.451.

Susanti, A., Dewi, P. S. T., & Putra, I. W. Y. A. (2021). Desain interior coffee shop di Denpasar dan loyalitas konsumennya: generasi Y dan Z. Waca Cipta Ruang, 7(1), 1–17. doi: 10.34010/WCR.V7I1.4383.

Tawakal, R. (2021). Perancangan interior co-working space Cinere Avenue dengan konsep green design. Lintas Ruang, 1(1), 1-33. Retrieved from: http://digilib.isi.ac.id/8986/10/Ralifiyan%20Tawakal_2021_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Tjandra, M. V. (2022). Implementasi metode design thinking pada studi perancangan interior salon Fank Generation Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, pp. 994–1004.




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v3i1.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eugenia Audrey, Jason Marcellinus Wijaya

Redaksi Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp: 021-7455555 ext. 1311
desainpedia.journal@upj.ac.id

 

e-ISSN No. 2830-2966