Studi Kriteria Desain UI/UX Game Edukatif yang Sesuai untuk Siswa Sekolah Dasar

Moehamad Asyifa Hutomo

Abstract


Motivasi belajar yang kurang di sekolah berdampak pada prestasi akademik siswa dan meningkatkan risiko putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data studi literatur dan konten analisi untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar serta potensi Video game edukatif sebagai solusi. Motivasi siswa dipengaruhi oleh metode pengajaran, pembelajaran praktik, nilai akademik, dan hubungan sosial. Video game edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dengan menerapkan teori desain game seperti masukan, tujuan, tantangan, kepuasan, dan keberlanjutan. Desain UI/UX yang intuitif dan universal juga penting untuk mendukung aksesibilitas berbagai kelompok demografi. Dengan pendekatan yang tepat, Video game edukatif dapat menjadi alat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


video game edukatif; motivasi siswa; sekolah; ui/ux

Full Text:

PDF

References


Boström, L., & Bostedt, G. (2020). What about Study Motivation? Students ́ and Teachers’ Perspectives on What Affects Study. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 40-59.

Ibrahim, A., Vela, F. L., Rodríguez, P. P., González, J. L., & Zea, N. P. (2012). Educational Video Game Design Based on Educational Playability: A Comprehensive and Integrated Literature Review. International Journal on Advances in Intelligent Systems, 400-414.

Kenwright, B. (2017). Brief review of video games in learning & education how far we have come. SIGGRAPH Asia 2017 Symposium on Education, 1-10.

Li, Y., Chen, D., & Deng, X. (2024). The impact of digital educational games on student’s motivation for learning: The mediating effect of learning engagement and the moderating effect of the digital environment. PLoS ONE, 19(1).

Mahmoud, A. A., & Tanni, Z. A. (2014). Using Games to Promote Students’ Motivation towards Learning English. Al-Quds Open University Journal for Educational & Psychological Research & Studies, 11-33.

Mayasari, R., & Heryana, N. (2023). Konsep dan Teori Desain User Experience Perangkat Lunak. Karawang: PT. Neo Santara Indonesia.

Muriel, D., & Crawford, G. (2018). Considering the Role and Importance of Video Games in Contemporary Society. Video Games as Culture, 1-189.

Priyadarshini, A. P. (2024). The Impact of User Interface Design on User Engagement. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 13(03).

Reis, C., & Ferreira, A. (2021). The Relevance of UI/UX Design in Human-Computer Interaction of Educational Games and Therapeutic Practices. Advances in Design and Digital Communication II, 159-169.

Rufini, S. É., Bzuneck, J. A., & Oliveira, K. L. (2012). The Quality of Motivation Among Elementary School Students. Paidéia, 53-62.

Wikström, & Gizela. (2022). Interpretation of UI icon design: A case study how people interpret GUI icons in video games. Digitala Vetenskapliga Arkivet, 99.

Wordwall. (2016). About: Wordwall. Diambil kembali dari Wordwall: https://wordwall.net/nl/about




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v3i2.1157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Moehamad Asyifa Hutomo

Redaksi Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp: 021-7455555 ext. 1311
desainpedia.journal@upj.ac.id

 

e-ISSN No. 2830-2966