Peran Konten Video Review dalam Memengaruhi Gaya Overconsumption di Kalangan Generasi Z
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh konten video review terhadap perilaku konsumsi Generasi Z. Meskipun Generasi Z aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi produk, analisis komentar menunjukkan bahwa respons terhadap video review cenderung netral. Temuan ini mengindikasikan bahwa konten video review tidak secara signifikan mendorong perilaku overconsumption, meskipun ada beberapa indikasi pembelian impulsif. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya memahami dinamika konsumsi Generasi Z dan implikasi konten video dalam membentuk pola konsumsi yang lebih berkelanjutan. Penelitian ini juga membuka peluang untuk studi lebih lanjut mengenai pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifudin, D., Indriyani, R., Ihsan, I., & Astrida, D. N. (2023). PENINGKATAN BRAND AWARENESS MELALUI KEGIATAN PELATIHAN VISUAL BRANDING SEBAGAI IMPLEMENTASI P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) TEMA KEWIRAUSAHAAN. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 2049–2058. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5891
Fitriyah, N., Sultan Ageng Tirtayasa, U., Raya Jakarta, J. K., & Serang, P. (2013). Iklan Televisi dan Perilaku Konsumtif Anak-Anak (Studi Kasus Pada Siswa SDN 13 Serang) (Vol. 2, Issue 2).
Maulana Yusuf No, J., & Tangerang, K. (2024). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah.
Megarezky, U., Antang Raya, J., Manggala, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2024). Economic and Business Management International. 6(2), 2715–3681. https://doi.org/10.556442
Surya Tjahyadi, & Willy Antonio. (2023). Analisa Pengaruh Desain Grafis pada Konten Media Sosial terhadap Daya Tarik Pengguna dari Generasi Z di Kota Batam. 05, 17.
DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v4i1.1247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Maharani Lathifah Sofyan, Eka Noviana