Eksperimen Perancangan Set Produk Apparel dari Kulit Sintesis dengan Teknik Stitchless

Sigit Firdaus Prayogi

Abstract


Berkembang dan pesatnya produk apparel dan fesyen khususnya pakaian, tas, dan aksesoris dinilai sebagai factor pemicu masyarakat lebih konsumtif dalam mengkonsumsi suatu barang yang mengakibatkan fenomena fast fashion, banyak sekali masyarakat yang membeli produk dikarenakan nilai fesyen dan estetika, tidak lagi dengan fungsi utama produk tersebut. Pergantian produk dan tingkat konsumtif terhadap produk fesyen yang tinggi ini menyebabkan cepat pula seseorang dalam berganti barang ataupun membeli barang karena banyak dan beramnya desain yang ada saat ini. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi terkait masalah yang dihadapi, salah satunya merancang desain mini handbag, outer, dan wide belt sebagai pelengkap fashion menggunakan material kulit sintesis dengan keunggulan produk yang dapat dibongkar pasang dan diubah desainnya dari desain satu ke desain kedua. Untuk mewujudkan hal tersebut pada perancangan ini tidak menggunakan teknik jahitan seperti pada umumnya namun menggunakan teknik stitchless atau tanpa jahitan atau disebut juga teknik kuncian dengan pola potong yang ada semacam jarin-jaring produk. Perancangan ini menggunakan metode kuisioner serta eksperimen terhadap teknik kuncian, minat serta karakter segmen yang dituju, serta minat bentuk dan desain yang diminati. Segmen yang dituju pada perancangan ini adalah wanita dewasa awal dan dewasa muda yang memiliki ketertarikan akan bentuk dan desain yang berbeda. Wanita pada segmen dewasa awal lebih condong ke fleksibilitas, simplicity dan desain yang vibrant, sedangkan wanita pada segmen dewasa akhir lebih ke mature dan timeless.

Keywords


Produk Apparel, Kulit Sintesis, Teknik Stitchless

Full Text:

PDF

References


Athreya, B. (2022). Can fashion ever be fair? Journal of Fair Trade, 3(2). https://doi.org/10.13169/jfairtrade.3.2.0016

Forecasting, indonesia trend. (2020). Fashion trend 2021/2022 The New beginning. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Nguyen, U. (2020). Folding Fabric: Fashion from Origami. Bridges 2020.

Sastrawati, N. (2020). Konsumtivisme Dan Status Sosial. El-Iqtishady, 2(1), 17–26.

Septiani, M. C. A. S. (2022). e-Proceeding of Art & Design. Analisa Pengolahan Kulit Imitasi Sebagai Material Embellishment, 17.

Shou, M., & Domenech, T. (2022). Integrating LCA and blockchain technology to promote circular fashion – A case study of leather handbags. Journal of Cleaner Production, 373(August), 133557. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.133557

Tedjomurti, F., & Suyanto, B. (2021). Behavior Trend of Buying Mask as A New Lifestyle for Women in The City of Surabaya During Pandemic. The Journal of Society and Media, 5(1). https://doi.org/10.26740/jsm.v5n1.p199-217

Thompson, W. (2022). The future 100: trends and change to watch in 2022 (Emily Safian-Demers (ed.)). wunderman thompson intelligence.

Wang, C., Yang, C., Li, J., & Zhu, M. (2022). Research on the Creative Application of Origami Performance Techniques in Clothing. Fibres and Textiles in Eastern Europe, 151(4). https://doi.org/10.2478/ftee-2022-0035

Wright, O., & Blackburn, E. (2020). How COVID-19 will permanently change consumer behavior. In Accenture (Issue April). https://www.accenture.com/us-en/insights/retail/coronavirus-consumer-behavior-research%0Ahttps://www.accenture.com/_acnmedia/PDF-134/Accenture-COVID19-Consumer-Behaviour-Survey-Research-PoV.pdf#zoom=40




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v4i2.1304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sigit Firdaus Prayogi