Analisis Pengaruh Desain Visual Promosi Industri Musik Pop Korea pada Tingkat Konsumsi Penggemar

Drizka Ramadhia

Abstract


Abstrak — Industri musik pop Korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan K-pop merupakan genre musik asal Korea Selatan. Industri musik pop Korea juga memiliki segmen audiens sendiri sama seperti genre musik lainnya. Seiring dengan berkembangnya era digitalisasi mengakses informasi jadi sangat mudah, termasuk mengakses musik. Tidak berhenti hanya dengan musik atau mendengar kan musik lewat aplikasi streaming musik, tapi juga akses terhadap materi promosi artis baik secara digital ataupun produk. Oleh sebab itu, desain visual dari material promosi musisi juga mengambil peranan penting dalam pemasaran musik musisi. Material promosi seperti cover album, poster promosi dan juga produk yang dikeluarkan agensi. Desain visual yang menarik ini bertujuan untuk mempromosikan citra artis, menginterpretasikan musik mereka melalui visual serta menarik perhatian publik. Dengan banyaknya material promosi yang dikeluarkan banyak pula pembelian yang dilakukan oleh penggemar untuk mendukung musisi yang mereka sukai. Oleh sebab itu penulis melakukan penelitian terkait pengaruh desain visual materi promosi musisi pop Korea dengan tingkat konsumsi penggemar. Penelitian ini terlaksana dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan riset terkait data yang bersangkutan dengan materi.  

 


Full Text:

PDF

References


Boone, H. N., & Boone, D. A. (2012). Analyzing likert data. Journal of extension, 50(2), 1-5.

Ekimov, M. (2021). The importance of marketing in the music industry.

Hughes, D., Evans, M., Morrow, G., & Keith, S. (2016). The New Music Industries. Springer International Publishing AG.

Morrow, G. (2020). Designing the Live Experience: Stage, Lighting and Merchandise Design. In Designing the Music Business (pp. 149-176). Springer, Cham.

Nordgard, D. (2018). The Music Business and Digital Impacts. Springer International Publishing AG.

What is a collection? UKOLN. (n.d.). Retrieved October 21, 2021, from http://www.ukoln.ac.uk/cultural-heritage/documents/briefing-23/html/index.html.




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v1i1.553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour

Redaksi Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp: 021-7455555 ext. 1311
desainpedia.journal@upj.ac.id

 

e-ISSN No. 2830-2966