Perancangan Furnitur sebagai Fasilitas Penumpang Berkebutuhan Khusus pada Ruang Tunggu Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Nabil Basalamah, Adisti Ananda Yusuff

Abstract


Perancangan furnitur untuk Terminal 2D di Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah ditingkatkan dengan fasilitas yang lebih ramah bagi penumpang berkebutuhan khusus. Furnitur khusus yang dirancang secara ergonomis, fungsional dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan penumpang kebutuhan khusus. Fitur-fitur terbaru termasuk kursi dengan dukungan tambahan untuk kenyamanan dan keefektifan penumpang tunarungu. Teknologi pencahayaan canggih digunakan untuk memandu penumpang tunarungu ke jalur yang sesuai dengan tiket mereka dan memberikan kemudahan bergerak di sekitar terminal. Selain itu, upaya juga dilakukan agar penumpang tunarungu dapat dengan mudah mengetahui perubahan gate penerbangan. Dengan perancangan interior yang mengakomodasi kebutuhan beragam penumpang, Terminal 2D berkomitmen memberikan pengalaman perjalanan yang positif dan tanpa hambatan bagi semua penumpang. Hal ini mencerminkan kesadaran akan pentingnya inklusivitas di fasilitas publik seperti bandara. Terus memperhatikan dan memahami kebutuhan penumpang berkebutuhan khusus adalah tujuan dari perancangan yang inklusif ini. Harapannya, pendekatan ini dapat diadopsi oleh terminal-terminal lain, sehingga perjalanan udara menjadi lebih ramah dan nyaman bagi semua orang dengan berkebutuhan khusus di dunia ini.


Keywords


Desain interior; desain; Desain Produk

Full Text:

PDF

References


Hanafi, A. N., Seprianto, R., Amini, A., Kurnia, F. D., Sintya, M., Habbah, E. S. M., ... & Destrinelli, D. (2023). Ulasan Cerita Putri Tangguk dan Warisan Budaya di Daerah Sekitar Cerita Tersebut Berkembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 2677-2680.

Rahmah, F. N. (2018). Problematika anak tunarungu dan cara mengatasinya. Quality, 6 (1), 1.

Ningrum, N. A. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181-196.

Carnelio, G., Santoso, J., & Prakarsa, D. T. (2023). GAYA FUTURISTIK DALAM STADION YOSONEGORO MAGETAN. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 13(1), 63-68.

Lilis, L. (2023). Tradisi-Tradisi Dalam Pembagian Harta Warisan Di Masyarakat Minangkabau. Siwayang Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, dan Antropologi, 2(1), 7-14.




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v2i2.806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nabil Basalamah