Kajian Estetika Interaksi Gim "Back in Time"

Hadi Purnama, Yusup Sigit Martyastiadi

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini memicu memperkaya beragamnya model interaksi pemain gim. Hal ini terjadi karena teknologi semakin mengimitasi fungsi panca indera manusia. Keragaman interaktifitas gim ini juga dipicu oleh sistem dinamis yang telah dirancang sebelumnya. Artikel ini menginvestigasi proses, pola interaksi, dan efeknya terhadap pemain dalam gim “Back in Time”. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan merujuk beberapa pendekatan terkait konsep MDA, alur tantangan, dan estetika interaksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, tinjauan karya, dan focus group discussion (FGD). Investigasi ini menemukan keterkaitan antara ketiga pendekatan yang digunakan. Hubungan ini terjadi pada interaksi dalam menyelesaikan tantangan. Di sisi lain, temuan tersebut juga dipengaruhi oleh kemampuan pemain terhadap desain level gim “Back in Time”. Benang merah yang dapat disarikan adalah tingkat kemampuan dan keterampilan pemain mempengaruhi pengalaman bermain. Sinergi dalam studi ini membuktikan bahwa alur tantangan Csikzentmihalyi terjadi pada dinamika gim “Back in Time”.

Keywords


Pengalaman bermain; Estetika interaksi; Alur; kerangka MDA

Full Text:

PDF

References


Blay-Fornarino, M., Charfi, A., Emsellem, D., Pinna-Dery, A.-M., & Riveill, M. (2004). Software interactions. The Journal of Object Technology, 3(10), 161. https://doi.org/10.5381/jot.2004.3.10.a4

Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience. Harper & Row.

Fang, X., Chan, S., & Nair, C. (2009). An Online Survey System on Computer Game Enjoyment and Personality (pp. 304–314). https://doi.org/10.1007/978-3-642-02583-9_34

Fullerton, T. (2008). Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games. In Technology. CRC press. http://www.amazon.de/dp/0240809742

Hassenzahl, M. (2010). Experience Design: Technology for All the Right Reasons. Morgan & Claypool.

Hornbæk, K., & Oulasvirta, A. (2017). What Is Interaction? Proceedings of the 2017 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 5040–5052. https://doi.org/10.1145/3025453.3025765

LeBlanc, M. (2004). Mechanics, Dynamics, Aesthetics: A Formal Approach to Game Design. Lecture at Northwestern University.

Lenz, E., Diefenbach, S., & Hassenzahl, M. (2014). Aesthetics of interaction - A literature synthesis. Proceedings of the NordiCHI 2014: The 8th Nordic Conference on Human-Computer Interaction: Fun, Fast, Foundational, 628–631. https://doi.org/10.1145/2639189.2639198

Martyastiadi, Y. S. (2019). Estetika Interaksi dalam Game: Perkembangan Teknologi dan Pengalaman Bermainnya. Gladi Nalar - Global Lokal Dalam Riset Seni.

Martyastiadi, Y. S. (2021). Estetika Interaksi dalam Gim Virtual Reality Borobudur. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Martyastiadi, Y. S., Tjandra, A. M., & Rizaldi, M. (2020). Aesthetics of Interaction on Virtual Reality with Educational Games Content. https://doi.org/10.5220/0009192201620171

Misky, F., & Putra, R. W. (2022). ESTETIKA VIRTUAL DALAM GAME 3D “DREADEYE VR”:(PENDEKATAN MDA FRAMEWORK). Kartala Visual Studies, 1(2), 1–8.

Samaey, G., & Vandewalle, J. P. L. (2022). Fun and Game Theory (pp. 47–52). https://doi.org/10.1007/978-1-0716-2776-1_6

Velikovsky, J. (2014). Flow Theory, Evolution & Creativity. Proceedings of the 2014 Conference on Interactive Entertainment, 1–10. https://doi.org/10.1145/2677758.2677770




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v2i2.868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hadi Purnama, Yusup Sigit Martyastiadi