Perancangan Kids Small Playground untuk Melatih Motorik Anak Pra-Sekolah (3 – 6 Tahun)

Novia Norman Azzahra

Abstract


Perkembangan fisik, motorik, dan emosional anak dipengaruhi oleh lingkungan dan interaksi dengan orang tua dan teman sebayanya. Perkembangan fisik sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka, karena mempengaruhi aktivitas dan perilaku sehari-hari. Perkembangan fisik dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti aktivitas fisik, obesitas, dan penggunaan gadget. Orang tua yang tidak mendorong anak-anak mereka untuk bermain di tempat umum lebih cenderung terpengaruh oleh lingkungan mereka. Namun, beberapa orang tua mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk terlibat dalam kegiatan yang tidak kondusif untuk perkembangan fisik. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan fisik, kognitif, dan intelektual mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sarana dan prasarana bermain untuk mewujudkan tempat bermain anak yang sesuai dengan dan membantu anak dapat lebih bergerak bebas walaupun hanya bermain dirumah. maka pengendalian terhadap perancangannya dilandaskan dengan fungsi tempat bermain sebagai area pengembangan motorik, melatih kemandirian dan meningkatkan kognitif/intelektual dan bermain anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan produk akan diujikan kepada anak berusia 3-6 tahun.


Keywords


desain produk;antropometri;mainan anak;motorik

Full Text:

PDF

References


Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021) Metode Penelitian Kualitatif.

Dr. resthie (2020) ‘WHO: 80% Anak di Dunia Kurang Aktif Bergerak dan Berolahraga, Mengapa?’ Available at: https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/who-80-anak-di-dunia-kurang-aktif-bergerak-dan-berolahraga-mengapa (Accessed: 13 November 2022).

Fitri Ayu Fatmawati, M. P. (2020) ‘pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini’, pp. 72–84.

Herawati, L. and Pawitra, T. A. (2013) ‘Evaluasi Data Antropometri Anak-anak Usia 4-6 Tahun di Jawa Timur dan Aplikasi pada Perancangan Fasilitas Belajar di Sekolah’, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 12(2), pp. 141–151.

Kamelia, N. (2019) ‘PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI (STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK ) STPPA TERCAPAI di RA HARAPAN BANGSA MAGUWOHARJO CONDONG CATUR YOGYAKARTA’, KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), p. 112. doi: 10.24014/kjiece.v2i2.9064.

Nurjanah, N., Suryaningsih, C. and Putra, B. D. A. (2017) ‘Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah’, Jurnal Keperawatan BSI, V(2), pp. 65–73. doi: 10.31311/.v5i2.2628.

Sandseter, E. B. H. (2014) ‘Early childhood education and care practitioners’ perceptions of children’s risky play; examining the influence of personality and gender’, Early Child Development and Care, 184(3), pp. 434–449. doi: 10.1080/03004430.2013.794797.

Talango, S. R. (2020) ‘Konsep Perkembangan Anak Usia Dini’, Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), pp. 92–105. doi: 10.54045/ecie.v1i1.35.




DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v3i1.978

Refbacks



Copyright (c) 2024 novia norman azzahra

Redaksi Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp: 021-7455555 ext. 1311
desainpedia.journal@upj.ac.id

 

e-ISSN No. 2830-2966