Analisis Kinerja Fasilitas Pejalan Kaki Dengan Metode Quality Function Deployment (Studi Kasus Bintaro Jaya Xchange - Stasiun Jurangmangu)

Vania Armila Pratiwi, Fredy Jhon Philip

Abstract


Infrastruktur transportasi merupakan komponen penting yang harus dibangun dan dirancang dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip keselamatan, salah satunya adalah fasilitas pejalan kaki. Pembangunan fasilitas pejalan kaki sangat diperlukan dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan yang menggunakan angkutan umum massal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pelayanan lajur pejalan kaki yang menghubungkan stasiun kereta api menuju area peralihan moda transportasi dan pusat perbelanjaan. Selain itu berdasarkan hasil analisis tingkat kinerja dan kepentingan maka dilakukan rencana perbaikan fasilitas pejalan kaki menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metodenya adalah pengamatan di lapangan serta penyebaran kuisioner kepada responden. Hasil studi menunjukkan bahwa fasilitas lajur pejalan kaki di stasiun Jurangmangu tergolong kategori A. Dari hasil metode important performace analysis menyatakan bahwa responden merasa puas dengan pelayanan fasilitas yang disediakan namun terdapat beberapa atribut yang memiliki kinerja pelayanan kurang baik. Hasil analisis dengan metode QFD rekomendasikan untuk meningkatkan pelayanan yang harus dilakukan yaitu penambahan jembatan penyebrangan, jalur khusus untuk penyandang disabilitas, kursi dan tempat istirahat, memeriksa dan memperbaiki lampu penerangan, tempat untuk kendaraan parkir, tempat sampah pada beberapa titik, optimalisasi fasilitas yang sudah tersedia, penambahan petugas keamanan, dan melengkapi kekurangan rambu petunjuk.


Keywords


Pejalan kaki, Stasiun, Metode QFD, Kinerja pelayanan

Full Text:

PDF

References


Cepolina, E. M., Federico, M. & Paloma, G. R. (2018). Level of service of pedestrian facilities: Modelling human comfort perception in the evaluation of pedestrian behaviour patterns. Transportation Research Part F: Traffic Psychology an Behaviour, 58, 365-381.

Guio, B. F., Duenas, R. D. E., Diaz. M. S. E. (2014). Methodology for Estimating Capacity and Level of Service in Sidewalks. Proceedings Pan-American Conference on Traffic and Transportation Engineering and Logistics Santander, Spain.

Laxman, K. K., Rastogi, R. & Chandra, S. (2010). Pedestrian Flow Characteristics in Mixed Traffic Conditions. Journal of Urban Planning and Development ASCE, 136(1), 23-33.

PUPR (2014). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 03/PRT/M/2014. Perencanaan, Penyediaan, Dan Pemanfaatan Prasarana Dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki Dikawasan Perkotaan. Jakarta.

Rifela, L. (2017). Analisis Peningkatan Kinerja Pelayanan Pada Terminal Penumpang Bandar Udara Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). (Studi Kasus: Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta). Skripsi. Universitas Pembangunan Jaya.

Shekari, Z. A., Moeinaddini, M. & Shah, M. Z. (2014). A pedestrian level of service method for evaluating and promoting walking facilities on campus streets, Land Use Policy, 38(1),175-193.

Sujarweni (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Utterman, R. K. (1984). Accommodating the pedestrian. New York: Van Nostrad Reinhold Co.

Yang, L., Jia, H, Juan, Z. & Zhang. J. (2010). Service Level Classification of Facilities in Passenger Terminals Based on Pedestrian Flow Characteristics Analysis. Proceedings 10th International Conference of Chinese Transportation Professionals, Beijing, China, 2010, pp. 2581–2589.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 WIDYAKALA JOURNAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru,
Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 
Hotline: (021) 7455555 ext 454, Fax: (021) 29861525,
Email: widyakala.journal@upj.ac.id 
Website: http://p2m.upj.ac.id