Sistem Monitoring Server Dengan Menggunakan SNMP

Alehandrew Michael Fanggidae, Hendi Hermawan, Heny Ispur Pratiwi

Abstract


Server  merupakan komponen utama sistem jaringan komputer yang berfungsi untuk menyediakan suatu layanan kepada pengguna yang biasa disebut sebagai client. Aktifitas dan operasional pelayanan sebuah server terhadap client dalam penerapannya terdiri dari begitu banyak proses untuk memenuhi segala permintaan client yang dikirimkan pada server tersebut. Diperlukan suatu sistem yang mampu melakukan pemantauan segala aktivitas di dalam server sehingga administrator (operator) bisa memonitor dan mendeteksi apabila terjadi permasalahan pada server yang digunakan. Sistem ini juga menerapkan otomatisasi penghidupan layanan server terhadap layanan server yang mengalami kondisi mati secara tiba-tiba. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah python, php, dan shell script. Alasan menggunakan bahasa pemrograman python pada sistem ini adalah memiliki kemampuan yang unggul dalam melakukan koneksi protokol SNMP (Simple Network Management Protocol). Hal ini dikarenakan protokol SNMP merupakan protokol manajemen jaringan yang mengatur dan menyimpan segala informasi jaringan di dalamnya. Hasil luaran dari sistem ini adalah sebuah web yang mampu mengeluarkan beberapa informasi mengenai server yang dipantau.


Keywords


Server, SNMP, Python, PHP, Shell Script

Full Text:

PDF

References


Harrington, D., Presuhn, R. & Wijnen, B., (2002). An architecture for describing simple network management protocol (SNMP) management frameworks (No. RFC 3411).

Nugroho, M., Affandi, A. & Rahardjo, D. S., (2014). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Jaringan Menggunakan SNMP (Simple Network Management Protokol) dengan Sistem Peringatan Dini dan Mapping Jaringan. Jurnal Teknik Pomits, 3(1), 35-39.

Taftazanie, S., Prasetijo, A. B. & Widianto, E. D., (2017). Aplikasi Pemantau Perangkat Jaringan Berbasis Web Menggunakan Protokol SNMP dan Notifikasi SMS. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 5(2), 62-68.

Liu, R. J. & Lu, R. (2012). Monitoring Network through SNMP-based System. International Journal of Intelligent Engineering and Systems, 5, 1-10.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 WIDYAKALA JOURNAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru,
Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 
Hotline: (021) 7455555 ext 454, Fax: (021) 29861525,
Email: widyakala.journal@upj.ac.id 
Website: http://p2m.upj.ac.id