Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Dan Intrinsik Terhadap Kinerja Pekerja Proyek Konstruksi

Mohamed Angky Al Fajr, Marelianda Al Dianty

Abstract


Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan yang bersifat satu arah dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) dengan menggunakan media tertentu sehingga memunculkan efek. hal yang penting dalam suatu organisasi adalah SDM atau sumber daya manusia, aspek motivasi kerja, dan aspek pendidikan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pekerja konstruksi ketika diberikan motivasi oleh atasannya, mengetahui perlu atau tidaknya motivasi diterapkan di lingkungan konstruksi, mengetahui motivasi apa saja yang diperlukan oleh pekerja konstruksi untuk meningkatkan kinerjanya, mengetahui metode yang dipakai dalam menganalisis parameter motivasi, serta hasil yang didapatkan pekerja ketika diberikan motivasi. Pada riset ini menggunakan studi literatur mengenai pengaruh motivasi terhadap kinerja pekerja, dengan membandingkan tiga jurnal terkait. Dari hasil analisis dengan menggunakan uji wolcoxon sign-rank menyatakan variabel kebutuhan fisiologis sangat berpengaruh terhadap kinerja pekerja dengan persentase sebesar 29,49%. Kemudian dengan menggunakan metode analisis path menyatakan bahwa variabel kebutuhan aktualisasi berpengaruh cukup signifikan terhadap kinerja pekerja dengan persentase 57,08%. Kemudian dengan metode regresi linear berganda menghasilkan persentase sebesar 29,89% pada variabel kebutuhan fisiologis. Berdasarkan analisis dari ketiga jurnal terkait, menyatakan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja pekerja adalah kebutuhan aktualisasi dengan rata-rata persentase pengaruh sebesar 29,02%. Motivasi yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja pekerja konstruksi adalah kebutuhan aktualisasi diri, kebutuhan fisiologis dan kebutuhan sosial.


Keywords


Motivasi, Kinerja, Konstruksi, Pekerja, Proyek

Full Text:

PDF

References


Gibson. (1995). Organisasi, Perilaku, Struktur. Jakarta: Erlangga.

Julian, F., & Sekarsari, J. (2019). Analisis Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Manajer Proyek Konstruksi. Jurnal Mitra Teknik Sipil.

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation.

Musmarany, E., & Soekiman, A. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Tukang Pada Beberapa Proyek Konstruksi Di Kota bandung. Seminar Nasional Teknik Sipil V.

Purwanto, S. B. (2013). Pengaruh Komunikasi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Proyek Pondasi Tower di Timor Leste PT. Cahaya Inspirasi Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 139-144.

Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekiman, A., & Purbasakti, B. U. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Pekerja Terampil di Industri Konstruksi (168K). Konferensi Nasional Teknik Sipil 7.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru,
Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 
Hotline: (021) 7455555 ext 454, Fax: (021) 29861525,
Email: widyakala.journal@upj.ac.id 
Website: http://p2m.upj.ac.id