Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel Di Indonesia

Intan Hajar Karuniatama, Dion Dewa Barata, Yohanes Totok Suyoto

Abstract


Kompetisi pada industri retail sangat dinamis dan dibutuhkan strategy baru agar organisasi dapat unggul dalam kompetisi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada IKEA Alam Sutera. Data penelitian yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 236 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software IBM SPSS AMOS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, experiential marketing memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan berperan sebagai variabel intervening antara experiential marketing dan loyalitas pelanggan. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi dasar yang kuat bagi organisasi unutk menyusun strategi yang lebih berdampak terutama untuk tetap bertahan dan unggul dalam kompetisi saat ini.

Keywords


Customer, Experience, Behavior

Full Text:

PDF

References


ATKearny (2019). The 2019 Global Retail Development Index™: ATKearney. (2017). The 2017 Global Retail Development Index™: The Age of Focus. ATKearney.

Barata, D. D. (2016). The impact of leader engagement on creation of innovation culture. International Journal of Economics and Management, 10(S1), 135-149

Barata, Dion Dewa and Agatha Febriyanti Napitupulu, (2019), “Why We Switch from Conventional to Sharia Bank?” in International Conference on Economics, Management, and Accounting, KnE Social Sciences, pages 160–174. DOI 10.18502/kss.v3i26.5371

Barimbing, C. A., & Sari, D. (2015). "Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan” (Studi pada Pelanggan Mujigae Resto Ciwalk Bandung). 772.

Budiarta, S. I., & Fachira, I. (2017). Customer Loyalty: The Effects Of Service Loyalty And The Mediating Role Of Customer Satisfaction Study Case: Pt Sabda Alam Hotel. Journal of Business and Management, 251.

Dewi, R. K., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Tempat Wisata Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 2.

Eka, M. R., & Yuliana, E. (2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Wiki Koffie Bandung). 250.

Hadiwidjaja, R. S., & Dharmayanti, D. (2015). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2, 3.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Harlow: Pearson Education Limited.

Pangastuti, R. L. (2017). The Influence of Experiential Marketing and Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming (Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “LBC”). Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 202.

Rosita, N. S. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Swalayan Sinar Rahayu Negara Tahun 2014.

Sari, H. P., Rachma, N., & Priyono, A. A. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Merbabu Guest House Di Kota Malang). Riset Manajemen Prodi Manajemen.

Schmitt, B., & Rhea, D. (2015). Experiential Marketing: A New Framework for Design and Communications. Design Management Review.

Schmitt, B., & Zarantonello, L. (2013). Consumer Experience And Experiential Marketing: A Critical Review.

Setiobowo, R. (2017). The Influence of Experiential Marketing, Service Quality on Customer Loyalty and Satisfaction at the Pizza Hut Restaurant in the Tunjungan Plaza Surabaya. Advances in Economics, Business and Management Research (AEBMR), 35.

Smith, K., & Hanover, D. (2016). Experiential Marketing: Secrets, Strategies, and Success Stories from the World’s Greatest Brands. Canada: Wiley.

Widowati, R., & Tsabita, F. (2017). The Influence Of Experiential Marketing On Customer LoyaltyThrough Customer Satisfaction As Intervening Variable (Study at The House of Raminten Resturant in Yogyakarta Indonesia). 168.

Zati, M. R., & Iqbal, M. (2017). Pengaruh Pengalaman Terhadap Loyalitas Konsumen di Alfamart Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, Vol 8, No.2 Juli 201




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru,
Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 
Hotline: (021) 7455555 ext 454, Fax: (021) 29861525,
Email: widyakala.journal@upj.ac.id 
Website: http://p2m.upj.ac.id