Perancangan Aplikasi “Family Pass!” Sebagai Alat Bantu Dalam Pengasuhan Anak

Hermes Kelsun, Desi Dwi Kristanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi mobile bernama Family Pass, yang mana, aplikasi ini dibuat sebagai media dan sarana dalam membantu aktivitas pengasuhan terhadap anak. Aplikasi ini mencoba menyelesaikan masalah sosial yang timbul akibat globalisasi, yaitu meningkatnya tuntutan pekerjaan orang tua yang kemudian berdampak pada menurunnya tingkat kualitas kegiatan pengasuhan anak antara orang tua dan anak. Diharapkan dengan adanya aplikasi pengasuhan anak Family Pass ini, orang tua tetap dapat melakukan kegiatan pengasuhan secara lebih maksimal dan efektif sehingga dapat memberikan dampak positif untuk anak maupun orang tua itu sendiri.

Keywords


mobile apps design, parenting apps, graphic design,

Full Text:

PDF

References


Ambrose, Harris. (2011). The Fundamentals of Graphic Design. New York: Bloomsbury Publishing.

Auliyaa, T. N. (2020, April 14). Memahami User Flow Pada UX Design. Retrieved from dkv.binus.ac.id: https://sis.binus.ac.id/2020/04/14/memahami-user-flow-pada-ux-design/

Ayriza, Y. (2017). Teori Gestalt. Universitas Negeri Yogyakarta , 1-26.

Binus. (2018, Januari 6). Prinsip Gestalt Pada Tampilan Antarmuka: Continuation (Kontinuitas). Retrieved from dkv.binus.ac.id: https://dkv.binus.ac.id/2018/01/06/prinsip-gestalt-pada-tampilan-antarmuka-continuation-kontinuitas/

Binus, D. (2018, Januari 8). Prinsip Gestalt Pada Tampilan Antarmuka: Similarity (Kesamaan/Kemiripan). Retrieved from dkv.binus.ac.id: https://dkv.binus.ac.id/2018/01/08/prinsip-gestalt-pada-tampilan-antarmuka-similarity-kesamaankemiripan/

Bukhari, I. B. (2018). Solusi Ampuh Mendidik Anak di Era Digital. Bandung: Parenting Academy.

Cao, Zieba, Stryjewski, Ellis. (2015). Color Theory in Web UI Design. UXPin Inc.

Design, T. B. (2018). The Basics of User Experience Design. Interaction Design Foundation.

Dyna Herlina S, B. S. (2018). Digital Parenting: Mendidik Anak di Era Digital. Bantul: Samudra Biru.

Erawan. (2013). Komposisi dan Layout. 1-10.

Ghiffary, Susanto, Herdiyanti. (2018). Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride). Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, A143-A148.

Graham, L. (2008). Gestalt Theory in Interactive Media Design. Humanities and Social Sciences, 1-11.

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Undip, 144.

Insani, N. F., & Insanudin, E. (2016). Perancangan Aplikasi Mobile Pencarian Hotel Bandung. Telkom University, 7.

Javier Culleo, J. V. (2013). Design Mobile Apps. www.appdesignbook.com.

Johnson, J. (2010). Designing with the Mind in Mind. Burlington: Elsevier Inc.

Lestari, S. (2014). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.

Nanik Suwaryani, S. A. (2017). Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini Cetakan Kedua. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Shneiderman, B., Plaisant, C., & Cohen, M. S. (2009). Designing the User Interface. Information Design Journal, 157/158.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v8i0.422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id