Perancangan Desain Produk Gym Duffle Bag dalam Ruang Lingkup Unisex Fashion
Abstract
Bagi mahasiswa / gen Z di kota Bandung, duffle bag telah menjadi produk esensial untuk membawa barang-barang dalam aktivitas sehari-hari. Fokus utama pengembangan produk Soft Goods masih pada segmen pria dan wanita. Namun segmen produk Unisex masih kurang berkembang. Penelitian ini mengembangkan produk duffle bag unisex untuk aktivitas gym karena memiliki potensi pasar yang besar di kota Bandung. Penelitian berbasis perancangan yang menghasilkan produk duffle bag unisex bercitra sporty ini menggunakan metodologi desain dengan iterasi riset dan pengembangan, yang diawali dengan definisi ide melalui pendekatan visual, perancangan desain, pengembangan, dan pengujian. Manfaat dari penelitian ini selain mendesain alternatif desain gym bag unisex yang praktis dan fungsional, juga mengedukasi masyarakat bahwa fashion tidak harus terbatas pada kategori maskulin dan feminin, namun dapat dirancang untuk semua gender / unisex.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almaguer Buentello, D., Bardey, A., & Rogaten, J. (2023). Beyond the gender dichotomy in fashion: Exploring the factors involved in cross-sexual fashion consumer behaviour for cisgender women. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 27(4), 697–709. https://doi.org/10.1108/JFMM-03-2022-0047
Bardey, A., Achumba-Wöllenstein, J., & Chiu, P. (2020). Exploring the Third Gender in Fashion: From Consumers’ Behavior to Designers’ Approach towards Unisex Clothing. Fashion Practice, 12(3), 421–439. https://doi.org/10.1080/17569370.2020.1816317
Christensen, J. (2013). More Than Duffle Bag Medicine: An Ethnographic Analysis of a Student Movement for Global Health. Honors Papers. https://digitalcommons.oberlin.edu/honors/315
Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (n.d.). Retrieved 9 November 2023, from https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2153/menjaga-kesehatan-mental-dengan-rutin-berolahraga
Gym Bag Market. (n.d.). Retrieved 9 November 2023, from https://www.futuremarketinsights.com/reports/gym-bags-market
Johansson, T. (1996). Gendered spaces: The gym culture and the construction of gender. YOUNG, 4(3), 32–47. https://doi.org/10.1177/110330889600400303
Sevilmiş, A., OZDEMİR, İ., & García-Fernández, J. (2023). The history and evolution of fitness. 12. https://doi.org/10.6018/sportk.493851
Suprapto, E. F. (2020). ANALISIS ERGONOMI TERHADAP REDESAIN TAS PERLENGKAPAN INSTRUKTUR JILBAB UNTUK KOMUNITAS HIJAB MODERN. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur, 3(1), 6. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v3i1.94
Tarigan, N., Tambunan, L. T. M., & M, E. L. (2023). PENTINGNYA PERLENGKAPAN DAN PERALATAN FITNESS SEBAGAI PENUNJANG OPERASIONAL DIDEPARTEMEN HEALTH CLUB AND SPA PADA HOTEL JW MARRIOTT MEDAN. Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.51827/jiaa.v10i1.114
Zhang, X., Yang, M., Su, J., Yang, W., & Qiu, K. (2020). Research on product color design decision driven by brand image. Color Research & Application, 45(6), 1202–1216. https://doi.org/10.1002/col.22540
DOI: https://doi.org/10.36262/dpj.v4i2.1256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Zaky Asyraf Haerun