Pemanfaatan Limbah Koran untuk Pengembangan Material Bahan Fiber

Ismail Alif Siregar

Abstract


Dampak dari berbagai fenomena dan isu lingkungan yang ada saat ini selayaknya menjadikan masyarakat merubah pola pikir dan perilakunya dalam memperhatikan lingkungan. Salah satu fenomena ini adalah menumpuknya limbah yang tidak dapat terurai oleh alam seperti limbah sampah yang berbahan dasar sintetis seperti plastik dan kain. Salah satu usaha menanggulangi permasalahan lingkungan ini adalah dengan carareuse atau recycle limbah tersebut menjadi produk baru yang dapat digunakan kembali salah satunya adalah penggunaan limbah koran sebagai material utama.
Menurutkamus Webster,s Collegiate Dictonary 2004, limbah merupakan material produksi yang tidak diperlukan sepanjang proses manufaktur, namun di sisi lain limbah juga merupakan sisa-sisa produksi yang memiliki nilai ekonomis tinggi karena dapat menciptakan produk yang ramah lingkugan tanpa meninggalkan citra produk itu sendiri, yaitu rasional, emosional dan fungsional.
Dalam praktek mendesain produk aksesoris furniture, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain, pengetahuan tren gaya yang sedang berkembang saat ini termasuk didalamnya tren warna, motif, ukuran, bentuk, material, dan tehnik. Pemilihan Material yang digunakan yaitu fiber sintetis dari bahan recycle koran karena pertimbangan sifat fisiknya yang diharapkan menyerupai kayu sehingga memudahkan dalam menerapkan tehnik produksi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang mengutamakan eksplorasi proses reka motif dan tekstur dari material fiber sintetis ini. Selanjutnya detail desain produk yang mencakup penggabungan material lain diperlukan sebagai pertimbangan estetika dan ergonomi produk furniture eco product.


Kata kunci: Resin, Fiberglass, Eco produk, Recycle


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id