Aplikasi Arduino Uno Pada Modul Robot Manusia Sebagai Mediasi Pengajaran Desain, Narasi Dan Simulasi

Heny Ispur Pratiwi, Prio Handoko

Abstract


Robotika adalah studi bidang teknik melalui konsep, desain, proses perakitan dan pengembangan hasil akhir produk. Sistem elektronik yang terintegrasi dengan ilmu komputer, kecerdasan buatan, mekatronik dan bidang nanoteknologi yang terlihat rumit, sehingga tidak menginspirasi siswa untuk menekuni bidang robotik. Padahal bidang ini bisa menjadi inspirasi bagi bahkan bagi mahasiswa non teknik. Luaran penelitian ini diharapkan menjadi dasar tambahan mata pelajaran sistem tanam pada perangkat lunak dan perangkat keras untuk ditingkatkan integrasi tersebut kedalam sistem intelijen. Selain itu, gerakan robot humanoid yang kompleks akan menjadi kelanjutan kemunculan aplikasi kecerdasan buatan untuk pengembangan robot. Modul robot humanoid ini dengan bahasa pemrograman C dari mikrokontroler Arduino Uno mampu membentuk dasar gerakan humanoid robot yang dinamis.Tahap metode penelitian dan pengembangan diterapkan untuk melaksanakan aplikasi kuantitatif dan kualitatif, seperti desain, implementasi, integrasi dan pengujian sistem, dan survei. Kuesioner digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan tanggapan siswa sebagai analisis dan kesimpulan dari  pengamatan siswa terhadap tampilan perangkat yang belum memiliki rakitan yang sempurna secara sengaja, sehingga bisa diharapkan berkembang sebagai mediasi atau jembatan untuk pengajaran robotika.


Keywords


Robotika, Servo, Arduino Uno, C programming

Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (2013), Metode penelitian kualitatif, teori dan praktik, Jakarta: BumiAksara.

Moleong, L. J. (2012), Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ospennikova, E., Ershov, M. & Iljin, I. (2015), Educational robotics as an inovative educational technology, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214, 18 – 26.

Pressman, S. R. (2010), Software Engineering: a Practitioners Approach, Seventh Edition, The Mc Graw Hill Companies.

Giuseppe, A. & Martina, P. (2012), Educational robotics between narration and simulation, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 104-109.

Santoso, A. B. (2013). Pembuatan otomasi pengaturan kereta api, pengereman, dan palang pintu pada rel kereta api mainan berbasis mikrokontroler. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 1(1), 16 - 23.

Smit, A. G. (2011), Introduction to Arduino, diakses dari http://www.introarduino.com [20 Juli 2018]

Sukmadinata, N. S. (2009), Metode penelitian pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Technical Explanation for Servomotors and Servo Drives Available:https://www.ia.omron.com/data_pdf/guide/14/servo_tg_e_1_1.pdf.

Trianni, V. (2014), Evolutionary robotics: model or design, Frontiers in Robotics and AI, https://doi.org/10.3389/frobt.2014.00013.

Virgala, M., Kelemen, M., Varga & Kurylo, P. (2014), Analyzing, Modeling and simulation of humanoid robot hand motion, Procedia Engineering, 96, 489-499.

Yusoff, M. A. K., Samin, R.E. & Ibrahim, B. S. K. (2012), Wireless mobile robotic arm, Procedia Engineering, 41(7), 1072-1078.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id