Updated, December 20th, 2023
Pengaruh Store Environment Terhadap Customer Evaluation Serta Dampaknya Pada Customer Response Di Toko Ritel
Abstract
Industri retail di Indonesia akan berkembang secara signifikan pada tahun 2013 - 2018. Toko retail akan bersaing untuk menawarkan pengalaman belanja yang unik dan produk eksklusif dengan menggunakan strategi toko sebagai merek dalam rangka menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Store environment terhadap customer evaluation, serta dampaknya terhadap customer response di ritel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 338 pelanggan ritel berusia 18, berusia 35 tahun dan dianalisis dengan structural equation modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ocial, design, ambient, dan merchandise cues memiliki pengaruh yang signifikan terhadap evaluasi kognitif di toko dan produk, sementara evaluasi kognitif di toko dan produk, serta evaluasi kognitif di toko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap evaluasi afektif di toko dan produk, evaluasi afektif di toko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap approach – avoidance behavior. Adapun perbandingan, hubungan antara evaluasi afektif pada produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap evaluasi afektif.
Kata Kunci : Retail, Store, Environment, Customer, Evaluation, Response
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id