Analisis Faktor-Faktor Yang Dapat Memprediksi Financial Distress Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Tahun 2014-2018

Etsa Indria Prasetyo, Teguh Prasetio, Dalizanolo Hulu

Abstract


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan program pemerintah yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan dalam bentuk jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam lima tahun pelaksanaannya (2014-2018), program jaminan kesehatan nasional (JKN) telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Namun, laporan keuangan program JKN menunjukan adanya permasalahan financial yang lebih tepatnya menunjukan tanda-tanda financial distress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dari hasil prediksi financial distress pada BPJS Kesehatan sehingga dapat memberikan saran mengenai financial distress dalam menjaga keberlangsungan BPJS Kesehatan. Untuk memprediksi financial distress penelitian ini menggunakan model Altman (Z Score) dengan menggunakan data yang bersumber dari laporan keuangan BPJS Kesehatan tahun 2014-2018. Hasil dari penelitian ini adalah faktor internal (biaya financial yang tinggi dan iuran peserta) berpengaruh terhadap financial distress dan faktor eksternal (peserta BPJS dan campur tangan pemerintah) berpengaruh terhadap financial distress.

Keywords


Financial Distress, Altman (Z Score), Faktor Internal, Faktor Eksternal

Full Text:

PDF

References


Anderson (2013). How to manage Both Sides of a Balance Sheet to Maximize Wealth: The Value of Debt. New Jersey: John Wiley and Sons Inc.

Atmaja, L. S. (2008). Teori dan Praktek Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Brigham, E., & Houston, J. F. (2001). Manajemen Keuangan II. Jakarta: Salemba Empat.

Irwandy (2016). Kajian Literature: Evaluasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 110-114.

Kurniawan, Y. T. (2017). Faktor-Faktor dan Pola Hubungannya yang Mempengaruhi Pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Oleh Keluarga Miskin. Jurnal Cakrawala, 83-93.

Nindita, M. K., & Nur, K. I. (2014). Prediction on Financial Distress of Mining Companies Listed in BEI Financial Variabel and Non-Financial Variabels, European Journal of Business and Management, Vol. 6 No.34.

Nugroho, Mawardi, & Dwi. (2012). Analisis Prediksi Financial Distress dengan Menggunakan Model Altman Z-Score Modifikasi 1995: Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public di Indonesia Tahun 2008-2010. Semarang: Universitas Diponegoro.

Platt, H., & Platt, M. B. (2002). Predicting Financial Distres. Journal of Financial Service Professionals.

Radifan (2015). Analisis Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kemungkinan Financial Distress. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Ramadhani, & Lukviarman (2009). Perbandingan Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Model Altman Pertama, Altman Revisi, dan Altman Modifikasi dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Penjelas (Studi pad a Pemsahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Siasat Bisnis, 15-28.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Metode Penelitian Manajemen, pp. 35-36. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru,
Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 
Hotline: (021) 7455555 ext 454, Fax: (021) 29861525,
Email: widyakala.journal@upj.ac.id 
Website: http://p2m.upj.ac.id