Diversifikasi Produk Digital Untuk Pengembangan Pasar Tabloid Nova

Reni Dyanasari

Abstract


Perusahaan media dapat melakukan pengembangan produk dengan menggunakan strategi marketing diversifikasi. Salah satu diversifikasi yang dilakukan media cetak dalam kasus ini Tabloid Nova adalah dengan membangun tabloidnova.com guna mengembangkan bisnisnya sesuai tuntutan pasar yang diiringi kemajuan teknologi. Hal tersebut penting diperhatikan mengingat tingkat pembaca tabloid mulai berkembang menjadi pembaca digital. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan peluang keberhasilan pengembangan pasar yang dilakukan Nova, digambarkan dengan menggunakan teori Ansoff Matrix dan Uses and Gratification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan paradigma konstruktivisme sosial, serta analisis data menggunakan konsep Huberman dan Miles guna menggambarkan data yang spesifik dari pembuat konten media dan pembaca. Data diperoleh dari narasumber internal dan eksternal Nova yaitu manajemen dan pembaca Nova. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa strategi diversifikasi yang dilakukan Nova dengan membangun media baru tabloidnova.com dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut terlihat dengan terbentuknya target pasar baru yakni pembaca digital pada produk yang tidak ada sebelumnya. Angka visitor tabloidnova.com cenderung meningkat setiap bulannya dan mampu mendatangkan revenue bagi Nova.


Kata Kunci : Diversifikasi, Marketing, Media Baru


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v4i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 WIDYAKALA JOURNAL



Published by
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru,
Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 
Hotline: (021) 7455555 ext 454, Fax: (021) 29861525,
Email: widyakala.journal@upj.ac.id 
Website: http://p2m.upj.ac.id