Analisis Pengadaan Pintu Air dan Pompa Air Untuk Penanggulangan Banjir di Perumahan Graha Bunga Pondok Kacang Barat Tangerang Selatan

Fariz Adya Fathaya, Marelianda Al Dianty, Frederik Josep Putuhena

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan keresahan warga Perumahan Graha Bunga yang selalu dilanda banjir akibat hujan lebat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam penanggulangan banjir yang terjadi di Perumahan Graha Bunga dengan percobaan pemasangan pompa dan pintu air yang di keluarkan melalui pompa dan pintu air. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data curah hujan, mencari elevasi saluran drainase menggunakan Google Earth,saluran drainase, kapasitas pompa dan ukuran pintu air. Untuk mendapatkan curah hujan perjam dilakukan perhitungan dengan rumus mononobe. Hasil simulasi yang peneliti telah lakukan menyatakan bahwa pintu air dan pompa mampu untuk menanggulangi banjir di Perumahan Graha Bunga. Kesimpulannya adalah pemasangan pompa dan pintu air diperlukan untuk mengatasi permasalahan banjir di Perumahan Graha Bunga tersebut.


Keywords


Perumahan Graha Bunga, Pintu Air, Pompa, kolam tampungan, EPA SWMM 5.1, Curah Hujan.

Full Text:

PDF

References


Al Dianty, M., Arbaningrum, R., & Putuhena, F.J. (2020). “The Linkage of Effect Climate Change for Determining Design Flood of Tenggang River”. Geographia Technica.15,9-10.

Cita Sari, U. & Mariana, E. 2014. “Perencanaan Rehabilitasi Kolam Detensi Melati, Jakarta pusat” (Skripsi Sarjana,Universitas Diponegoro, 2014).

Daniell, T.M. & Tabios, G.Q. 2008. “Asian Pacific FRIEND Rainfall Intensity Duration Frequency (IDF) Analysis for the Asia Pacific Region.”. UHJAK/2008/PI/H/3.

Fauziah, R., Siswanto., & Fauzi, M. 2015. “Pengendalian Banjir Menggunakan Pompa (Studi Kasus: Drainase Jalan Simpang Tetap Kota Dumai)”. Jom FTEKNIK Volume 2 No. 1 Februari 2015.

Hasmar HHA. 2011. Drainase Terapan. Yogyakarta (ID): UII Press

Pamekas, R. 2013. Pembangunan dan Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Permukiman. Penerbit PT. Dunia Pustaka Jaya.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Andi Offset, Yogyakarta.

Triatmodjo, B. (2013). Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v8i2.371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id