Pengelolaan Platform Digital Sebagai Media Informasi Autoimun

Fathiya Nur Rahmi, Maya Rachmawati

Abstract


Saat ini banyak missinformasi medis dan stigma negatif yang melekat pada penyintas Autoimun. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu platform digital yakni Outofsight.id melakukan fungsi sebagai media informasi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Platform Digital Sebagai Media Informasi Autoimun. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data berdasarkan Flow Analysis Models. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan platform digital Autoimun dimulai dari perencanaan dengan melakukan riset, pengklasifikasian tema dan topik konten, dan melakukan visualisasi pesan. Serta tahap akhir adalah evaluasi yang dilakukan secara general pada setiap konten di media informasi. Sebaiknya pengelola menerapkan salah satu dari four step public relations yakni dengan melakukan defining problem melalui media monitoring. Dalam perencanaan media informasi sebaiknya dilakukan kategorisasi publik, analisis publik juga sebaiknya memerhatikan aspek opinion leader dan key publics. Dalam pengelolaan pesan dapat dielaborasi beberapa komponen brand identity sehingga dapat mendukung tujuan pengelolaan media informasi yakni meningkatkan awareness publik. Serta pada tahap evaluasi sebaiknya dilakukan untk mengukur akurasi dan relevansi pesan.


Keywords


Platform Digital; Media Informasi; Autoimun

Full Text:

PDF

References


Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42

Asih, W. M., Muchtar, K., & Abidin, Y. Z. (2020). Pengelolaan Digital Pr Dalam Mengemas Konten Dakwah Di Instagram @Masjidtrans. Jurnal Riset Komunikasi, 3(1), 108–119. https://doi.org/10.24329/jurkom.v3i1.87

Candrasari, S., & Kurniasari, N. (2021). Strategi Komunikasi Kampanye Kesehatan Marisza Cardoba Foundation ( MCF ) pada Program Nasional Senyum Indonesiaku Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Aguna, 1(2), 1–15.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design : choosing among five approaches (L. Habib (ed.); 3rd Editio). SAGE Publications, Inc. https://www.researchgate.net/publication/279645679%0ALandasan

Hajati, R. P., Perbawasari, S., & Hafiar, H. (2018). Manajemen Aktivitas Media Sosial Akun Instagram @ indonesiabaik.id. Meta Communication, 3(2).

Hanura, E. P. (2020). Perilaku Komunikasi Penyintas Autoimun. Universitas Padjadjaran.

Haryanto. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pemanfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan Tinggi. Edulib, 5(1), 83–89. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2305

Kurniali, S. (2011). Peran Media Sosial di Internet pada Penerapan Proses Knowledge Management. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(1), 167. https://doi.org/10.21512/comtech.v2i1.2729

Lunardi, J., & Sugiharto, S. (2015). Analisa Pengaruh Brand Identity Terhadap Pembentukan Brand Image Dengan Promotion Mix Dan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Speedo. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1).

Meisyaroh, S. (2013). Determinisme Teknologi Masyarakat Dalam Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, I(1), 36–46.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (H. Salmon (ed.); 3rd ed.). Arizona State University, USA.

Novianti, E., Ruchiyat Nugraha, A., Komalasari, L., Komariah, K., & Rejeki, S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah. AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1), 48–59. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir

Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586

Permasih, I., Abidin, Y. Z., & Ma, A. (2018). Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 25–46. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/download/584/98

Rahayu, S. E. S. (2019). Sikap Masyarakat Terhadap Odapus (Orang Dengan Lupus) Di Kelurahan Bukit Sangkal Kecamatan Kalidoni Kota Palembang [Universitas Sriwijaya]. https://repository.unsri.ac.id/15406/3/RAMA_69201_07021181419039_0022115602_0001075908_01_front_ref.pdf

Sasongko, Nurcahyo, M., Suyanto, & Kurnaiawan, M. P. (2020). Analisis Kombinasi Warna pada Antarmuka Website Pemerintah Kabupaten Klaten. Jurnal Teknologi Technoscientia, 12(2), 153–158.

Setiawan, D., Putri, R. N., & Suryanita, R. (2019). Perbandingan Algoritma Genetika dan Backpropagation pada Aplikasi Prediksi Penyakit Autoimun. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.23917/khif.v5i1.7173

Smith, R. D. (2017). Strategic Planning for Public Relations (5th editio). Routledge.

Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 12(1), 31. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i1.1385




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v9i1.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id