Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) Sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian

Irma Paramita Sofia

Abstract


Pada beberapa negara, terdapat banyak tantangan sosial yang masih perlu diselesaikan, yaitu kemiskinan yang parah, dan kurangnya akses umum untuk perawatan kesehatan atau pendidikan. Dalam keadaan global, kewirausahaan sosial memiliki potensi untuk memberikan beberapa solusi sosial, yaitu dengan menerapkan pendekatan kewirausahaan dan kekuatan inovasi sosial untuk menghadapi tantangan sosial yang ada.
Tulisan ini mencoba untuk memberikan tinjauan literatur dari konsep kewirausahaan sosial, seperti latar belakang sejarah, karakteristik, dan model bisnis yang efektif untuk kewirausahaan sosial.
Kewirausahaan sosial dipandang sebagai pengusaha sosial yang didorong, untuk menciptakan nilai superior bagi masyarakat. Konsep ini telah berkembang di berbagai perguruan tinggi. Pengusaha sosial berbeda dari pengusaha dalam hal misi mereka. Peran kewirausahaan sosial bagi masyarakat juga dibahas dalam tulisan ini. Diskusi terakhir terfokus pada contoh orang atau organisasi di Indonesia yang berhasil menerapkan konsep ini pada aktivitas bisnis mereka dan dampak potensial dari kewirausahaan sosial terhadap pembangunan ekonomi.


Kata kunci : Social Entrepreneurship, Inovasi Sosial, Model Bisnis, Pembangunan Ekonomi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v2i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 WIDYAKALA JOURNAL




Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id