Analisis Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness dan Campus Facilities terhadap Enrollment Intention pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta

Indra Cahaya Tresna, Rosdiana Sijabat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memverifikasi apakah ada pengaruh langsung dari digital marketing, brand awareness, campus facilities terhadap enrollment intention. Penelitian ini dilakukan di Perguruan Tinggi AMIK Citra Buana Indonesia dengan menggunakan metode survei dengan analisis jalur yang digunakan untuk menguji hipotesis dan 121 sampel yang dipilih melalui purposive sampling. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh langsung positif digital marketing terhadap enrollment intention. (2). Terdapat pengaruh langsung positif brand awareness terhadap enrollment intention. (3) Terdapat pengaruh langsung positif campus facilities terhadap enrollment intention. (4) Terdapat pengaruh positif langsung digital marketing terhadap brand awareness (5) Terdapat pengaruh positif langsung digital marketing terhadap campus facilities (6) Terdapat pengaruh positif digital marketing terhadap enrollment intention di mediasi oleh brand awareness (7) Terdapat pengaruh positif digital marketing terhadap enrollment intention di mediasi oleh campus facilities. Digital marketing menciptakan keinginan mendaftar calon mahasiswa, digital marketing melalui brand awareness berkontribusi pada keinginan untuk mendaftar. Selain itu, campus facilities juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan calon mahasiswa untuk mendaftar, karena fasilitas yang baik dapat meningkatkan daya tarik kampus dan menguatkan niat pendaftaran. Selanjutnya digital marketing melalui campus facilities.


Keywords


Digital Marketing, Brand Awareness, Campus Facilities, Enrollment Intention

Full Text:

PDF

References


terhadap keputusan berkunjung di desa wisata bunihayu kabupaten subang. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, Vol. 2 No. 2 November 2022(2).

Achmad R, Marlien R.A, Widyasari, S. (2022). pengaruh digital marketing, kepercayaan dan kualitas produk terhadap niat beli (studi pada akun instagram kawaii coklat). sendiu, isbn: 978-979-3649-72-6.

Afia, M. N. (2020). Pengaruh Latar Belakang Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Self-Efficacy Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Ma Plus Al-Hadi Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Edutama.

Andini, N. A., & Septikasari, R. (2019). Pengaruh Fasilitas Kampus terhadap Motivasi dan Prestasi Mahasiswa. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(2), 52–63. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.43The University of Texas, (2017). Texas Precipitable Water Vapor From GPS, http://www.csr.utexas.edu/texas_pwv/final/gabor/gabor.html [3 October 2019].

Bady, B. S. (2021, June 16). Trends report: New Facilities Enhance the quality of campus life. Building Design + Construction. https://www.bdcnetwork.com/trends-report-new-facilities-enhance-quality-campus-life

Bilkistiana, Y., Sari, M. S., & Sasongko, I. M. (2021, October). Membuat Strategi Promosi Dalam Membangun Brand Awareness Terhadap Rumah Makan Padang Panjang di Instagram. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Chaffey, D. (2009). E-Business and ECommerce Management, Strategy, London: Pearson Education.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Eka Septiarini, Novi Susyani, Trisnia Manggiasih. (2022). analisis pengaruh digital marketing terhadap brand awareness pada e-commerce. jurnal ekonomi efektif, 4(3).

Gunawan, F. A. 2014. Analisi Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Strategi Pemasaran. 2(1), 1-14.

Hussein, Ananda (2015). Modul Ajar Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. (Terj. Sabran, B. M.). (Edisi 13. Jilid 2). Jakarta: Erlangga.Apriliana, E. (2019). Pengaruh tipe industri, kinerja lingkungan, dan profitabilitas terhadap carbon emission disclosure. Widyakala Journal, 6(1), 84-95, doi: 10.36262/widyakala. v 6i1.149.

Kotler, P.dan Keller, K.L. (2009). Marketing Management, 13th Edition. New Jersey: Person Prentice Hall

Kalyana. (2014). Psikologi Pembelajaran, Pekan baru: CV. Mutiara Pesisir Sumatra, Hlm.45.

Meyliana (2011). Analisa Strategi E-Marketing dan Implementasinya pada Rental Company. BINUS BUSINESS REVIEW, Vol. 2, No. 1. pp.31-51.

Minarti, A. (2018). pengaruh persepsi, motivasi dan fasilitas kampus terhadap minat mahasiswa studi lanjut ke strata dua (s2) studi pada stie lamappapoleonro SOPPENG. Jurnal Ilmiah METANSI “Manajemen Dan Akuntansi”, 1(2).

Munawaroh, N. A., & Widuri, T. (2022). Understanding Customer Loyalty Through Customer Satisfaction (The Case of Coffee Shop Industry in Kediri City). SEIKO: Journal of Management & Business.https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2104.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, JSMB Vol. 6 (2) 2019 hlm. 78-83.

Rangkuti, Freddy. (2007). Measuring Customer Satisfaction. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Reber, E. E., Michell, R. L., & Carter, C. J. (1988). Oxygen absorption in the earth’s atmosphere. Aerospace Corp., Los Angeles, CA, Tech. Rep. TR-0200 (4230-46)-3.

Ruslan, D., & Situngkir, E. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Studi Pada Prodi Pendidikan Ekonomi Unimed Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ekodik: Ekonomi Pendidikan, 7(1), 19-30.

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510.

Wardani, T., & Nawawi, Z. M. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM Desa Melati 1 Kecamatan Perbaungan dalam Perspektif Ekonomi Islam. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 4018-4029.

Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29-54.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v10i2.831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 WIDYAKALA JOURNAL : JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id